Menggosok gigi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

MENGGOSOK GIGI


        Tindakan secara mekanis adalah tindakan membersihkan gigi dan mulut dari sisa makanan dan debris yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit pada jaringan keras maupun jaringan lunak.(putri,2012)
a.       Sikat gigi.

        Sikat gigi adalah alat untuk membersihkan gigi yang berbentuk sikat kecil dengan pegangan.Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan menggosok gigi.Dengan menggosok gigi,kebersihan gigi dan mulut pun akan terjaga,selain menghindari terbentuknya lubang-lubang gigi dan penyakit gigi dan gusi.(Kusumawardani,2011)
Tips memilih sikat gigi.
1.      Pilihlah sikat gigi yang kepalanya cukup kecil sehingga dapat digunakan dengan baik dalam rongga mulut.Bagi orang dewasa Panjang kepala sikat gigi 2,5cm,sedangkan pada anak 1,5cm.
2.      Panjang bulu sikat hendaknya sama.Sikat gigi dengan bulu yang panjangnya berbeda tidak dapat membersihkan permukaan datar tanpa menimbulkan tekanan pada beberapa bulu sikat.
3.      Tekstur bulu sikat hendaknya memungkinkan digunakan dengan efektif tanpa merusak jaringan.Jangan memilih bulu keras sebab dapat merusak jaringan.Yang terlalu lunak pun dikhawatirkan tidak dapat membersihkan plak dengan sempurna.Yang paling tepat sikat gigi dengan kekakuan bulu sikat medium.
4.      Gagang sikat harus cukup lebar dan tebal agar dapat dipegang kuat dan dikontrol dengan baik.
b.      Pasta Gigi
          Pasta gigi adalah sejenis pasta yang digunakan untuk membersihkan gigi.
Tips memilih pasta gigi yang baik.
1.      Pilih pasta gigi yang mengandung cukup fluoride.Fluoride berfungsi untuk menjaga gigi agar tidak berlubang.Namun,anak-anak dibawah 3 tahun sebaiknya tidak memakai odol karena banyak mengandung fluoride justru tidak bagus dan membuat gigi lebih rapuh.
2.      Pilih pasta gigi yang busanya tidak terlalu banyak.Busa yang terlalu banyak menunjukkan bahwa kandungan deterjen di dalamnya juga banyak.
3.      Hindari langsung makan setelah menyikat gigi.Pasalnya,kadar asam mulut akan turun dan fluoride pun hilang dan kuman akan masuk lagi.Makan sebaiknya 1-2 jam setelah menyikat gigi.
4.      Untuk menjaga kondisi gigi,setiap 6 bulan sekali anak sebaiknya dibawa ke dokter gigi untuk dilakukan topical fluoride(pelapisan gigi).Apalagi untuk anak-anak yang malas menyikat gigi.
c.       Teknik menggosok gigi.
        Ada satu Teknik menyikat gigi yang banyak dianjurkan oleh para ahli karena dinilai cukup efektif dalam membersihkan plak gigi,yaitu Teknik modifikasi Bass.Langkah-langkah dalam melakukan Teknik modifikasi bass:
1.      Pegang sikat gigi secara horizontal dan letakkan kepala sikat gigi pada permukaan gigi,lebih tepatnya di tepi gusi(batas gigi dengan gusi),karena disinilah banyak plak menumpuk.
2.      Miringkan kepala sikat gigi kira-kira sebesar 45 derajat menghadap permukaan gigi.Tujuannya agar bulu sikat dapat masuk ke celah antara gigi dengan gusi yang disebut saku gusi,dan membersihkan plak yang ada didalamnya.
3.      Gerakan sikat secara horizontal dengan jarak yang sangat pendek atau kecil seperti suatu getaran dan dengan tekanan yang lebut.
4.      Sikatlah dengan gerakan sebanyak 10-20 kali gosokan baru berpindah ke gigi-gigi disebelahnya.
Bagian yang kita fokuskan memang bagian tepi gusi,karena banyak plak menumpuk didaerah ini.Bagian mahkota yang belum tersikat,dapat bersihkan dengan bebagai gerakan misalnya,gerakan melingkar atau vertical dengan cara menarik bulu sikat dari gusi kearah mahkota .Langkah-langkah membersihkan tiap-tiap bagian gigi sebagai berikut:
1.      Bersihkan permukaan gigi bagian luar yang menghadap ke bibir dan pipi dengan menggunakan Teknik modifikasi bass.Mulai pada rahang atas terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan yang rahang bawah.
2.      Bersihkan permukaan kunyah gigi pada lengkung gigi sebelah kanan dan kiri dengan gerakan maju mundur,atau mungkin boleh juga dengan sedikit diputar sebanyak 10-20 kali gosokan juga.Lakukan pada rahang atas terlebih hulu lalu dilanjutkan dengan rahang bawah.Bulu sikat gigi diletakkan tegak lurus menghadap permukaan kunyah gigi.
3.      Bersihkan permukaan dalam gigi yang menghadap ke lidah dan langit-langit dengan menggunakan teknik modifikasi Bass untuk lengkung gigi sebelah kanan dan kiri.Untuk lengkung gigi bagian depan dapat dibersihkan dengan cara memegang sikat gigi secara vertikal menghadap ke depan.Lalu gunakan ujung sikat dengan gerakan menarik dari gusi ke arah mahkota gigi.Lakukanlah pada rahang atas terlebih dulu dan dilanjutkan dengan rahang bawah.
4.      Terakhir,sikat pula permukaan lidah untuk membersihkan bakteri yang berada di permukaan lidah.Permukaan lidah yang kasar dan berpapil membuat bakteri mudah menempel disana.Selain dengan sikat gigi,anda juga bias membersihkan lidah menggunakan sikat lidah.Lidah yang bersih juga akan membuat mulut lebih segar.
Metode menggosok gigi menurut (Sariningsih,2012) cara menggosok gigi sebagai berikut :
a.       Siapkan sikat gigi yang kering dan pasta yang mengandung fluor,banyaknya pasta gigi sebutir jagung.
b.      Kumur-kumur dengan air sebelum menggosok gigi
c.       Pertama-tama rahang bawah dimajukan sehingga gigi-gigi rahang bawah sejajar dengan gigi rahang atas merupakan sebuah bidang datar.Kemudian sikat gigi rahang atas dan rahang bawah dengan gerakan ke atas dan ke bawah (horizontal).
d.      Sikat semua dataran pengunyahan gigi atas dan bawah dengan gerakan maju mundur dan pendek-pendek(vertical).Menyikat gigi sedikitnya 8 kali gerakan untuk setiap permukaan.
e.       Sikat permukaan gigi depan rahang bawah yang menghadap lidah dengan arah sikat keluar dari rongga mulut.
f.        Sikat permukaan gigi belakang rahang bawah yang menghadap lidah dengan gerakan memutar(roll).
g.      Sikat gigi permukaan gigi depan rahang atas yang menghadap langit-langit dengan arah sikat keluar dari rongga mulut.
h.      Sikat permukaan gigi belakang rahang atas yang menghadap langit-langit dengan gerakan memutar (roll).
d.      Hal penting dalam menggosok gigi.
          Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut,menyikat gigi adalah suatu prosedur yang menjadi keharusan.Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan waktu menyikat gigi,diantaranya :
1.      Waktu gosok gigi.
Banyak dokter gigi yang menyarankan untuk menyikat gigi sebelum tidur.Hal ini dikarenakan pada waktu tidur,air ludah berkurang sehingga asam yang dihasilkan oleh plak akan menjadi lebih pekat dan kemampuan untuk merusak gigi tentunya menjadi lebih besar.Oleh karena itu,untuk mengurangi kepekatan dari asam maka plak harus dihilangkan.
Gigi juga harus disikat pada waktu pagi hari,boleh sebelum ataupun sesudah sarapan pagi.Hal ini tergantung jam berapa sarapan pagi.Idealnya,sarapan pagi lakukan sebelum beraktifitas dan dilanjutkan dengan menggosok gigi.Sehingga kondisi mulut tetap bersih sampai makan siang.
2.      Gosok gigi dengan kelembutan.
Menyikat gigi yang terlalu keras juga dapat menyebabkan resesi gusi yang mengakibatkan terbukanya permukaan akar gigi.Tekanan yang digunakan juga haruslah tekanan yang ringan.Dalam menyikat gigi sama sekali tidak diperlukan tekanan yang kuat,karena plak itu memiliki konsistensi yang lunak.
3.      Gosok gigi minimal 2 menit.
Tentunya menyikat gigi yang terlalu cepat tidak akan efektif membersihkan plak.Menyikat  gigi yang tepat paling tidak membutuhkan waktu minimal dua menit.
4.      Gosok Gigi dengan urutan yang sama setiap harinya.
Anda bebas memulai dari gigi bagian mana saja yang ingin pertama kali disikat.Hanya saja pastikan bahwa seluruh bagian gigi didalam mulut tidak ketinggalan.Apabila urutan ini dilakukan terus setiap hari dan menjadi suatu kebiasaan,tidak perlu lagi berfikir bagian gigi mana yang masih belum tersikat.
5.      Rutinlah mengganti gosok gigi.
Apabila bulu sikat sudah mekar alias rusak ataupun sikat gigi sudah berusia 3 bulan,maka sikat gigi tersebut akan kehilangan kemampuannya untuk membersihkan gigi dengan baik.Gantilah sikat gigi dengan yang baru apabila salah satu diantara dua hal ini terjadi.
Apabila bulu sikat sudah rusak sebelum 3 bulan,bias jadi itu merupakan tanda kalau menyikat gigi terlalu keras.Selain itu,penggantian sikat gigi juga diperlukan setelah menderita sakit.Karena sikat gigi bias jadi menjadi tempat menempelnya kuman penyakit dan hal ini beresiko membuat infeksi lagi.
6.      Menjaga kebersihan gosok gigi.
Sikat gigi bias jadi tempat perkembangan-biakan kuman dan jamur.Setiap habis menyikat gigi,selalu bersihkan sikat gigi dengan cara mengocoknya yang kencang di dalam air atau dibilas di bawah aliran air.Keringkan sikat gigi setiap habis digunakan dan simpanlah sikat gigi dengan posisi berdiri di tempatnya.
7.      Jangan takut gusi berdarah.
Gusi berdarah merupakan suatu tanda adanya peradangan pada gusi.Namun,jangan lantas karena takut berdarah sehingga tidak menyikat bagian gigi tersebut.Tetaplah sikat gigi tersebut dengan Teknik yang benar dan dengan tekanan yang lembut.Apabila gusi terus berdarah saat menyikat gigi,segera hubungi dokter gigi untuk mendapatkan penanganan.
8.      Gunakan pasta gigi yang mengandung fluorde
Selain membantu untuk membersihkan gigi dengan lebih baik,pasta gigi yang mengandung fluoride berperan untuk melindungi gigi dari kerusakan.Bahkan fluoride dapat memperbaiki kerusakan gigi sampai batas-batas tertentu dengan cara mengganti mineral-mineral gigi yang hilangakibat erosi dari asam.Cukup gunakan pasta gigi dengan ukuran sebuah kacang polong .Karena yang terpenting adalah Teknik menyikat gigi,bukan banyaknya pasta gigi yang digunakan.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :